Home » Berita » Workshop Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) BP PAUD dan Dikmas Bali

KEPALA

Dra. Endah Warsiati, M.Pd

FACEBOOK

Workshop Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) BP PAUD dan Dikmas Bali

Dalam rangka mengoptimalkan dan mengefektifkan sistem manajemen resiko dan operasional Tim Satuan Pengawasan Internal Pemerintah (SPIP), BP PAUD dan Dikmas Bali melaksanakan kegiatan Workshop Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) bertempat di ruang belajar Kartini BP PAUD dan Dikmas Bali. Menghadirkan narasumber dari Inspektorat Jendral Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kegiatan berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 28 -29 Januari 2020. Kegiatan ini di ikuti oleh 15 orang peserta yang berasal dari pamong belajar, subbagian umum, dan seksi PPSDM BP PAUD dan Dikmas Bali serta Anggota SPIP BP PAUD dan Dikmas Bali yang turut hadir dalam mengikuti workshop SPIP yang terlaksanana.

Workshop SPI (1)
Dokumentasi hari pertama Workshop Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) bertempat di ruang belajar Kartini BP PAUD dan Dikmas Bali (28/01)

Acara dibuka oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas Bali, Dra. Endah Warsiati, M.Pd. dengan pemaparan mengenai proses berjalannya pelaksanaan SPIP yang telah berlangsung di lingkungan BP PAUD dan Dikmas Bali. Ibu Agustina selaku narasumber dari Inspektorat Jendral memberikan pemaparan materi terkait manajemen resiko dan tupoksi SPIP yang seharusnya dilaksanakan. Dalam pemaparannya beliau menegaskan bahwa di tahun 2020 manajemen resiko dengan penyusunan peta resiko di setiap satuan kerja harus di perhatikan dan dirancang di awal tahun berdasarkan mata anggaran yang telah di susun di RKAKL Tahunan untuk menjadi pedoman dan menjadi filter dan monitoring untuk mengurangi resiko yang mungkin akan terjadi dalam setiap proses pelaksanaan kegiatan. Ibu Agustina juga memberikan gambaran tentang kegiatan yang bisa dilaksanakan oleh Tim SPIP dalam meningkatkan sistem pengawasan internal satker beserta potensi permasalahan yang biasa terjadi dengan solusinya. Tim SPIP dalam UPT juga diminta untuk terus meningkatkan kinerja dan program kerjanya dalam sistem pengawasan internal di lingkungan BP PAUD dan Dikmas Bali. Kemudian narasumber kedua yaitu Bapak Ari Wahyu Hidayat dari Inspektorat Jendral menambahkan materi mengenai mekanisme penyusunan peta resiko dan cara menentukan skala resiko yang di lanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan peserta workshop SPIP dan konsultasi terkait masalah yang sering terjadi dalam pelaksanaan SPIP. Dalam workshop ini juga dilaksanakan pembahasan mengenai draft peta resiko BP PAUD dan Dikmas Bali dimana pembahasan ini bertujuan untuk memperoleh hasil peta resiko yang lebih optimal dengan adanya pendampingan dari Inspektorat Jenderal.

Workshop SPI (3)
Workshop SPI (2)
Dokumentasi hari ke dua Workshop Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) bertempat di ruang belajar Kartini BP PAUD dan Dikmas Bali (29/01).

Selain memberikan sosialisasi mengenai manajemen resiko dan pelaksanaan SPIP, tim dari Inspektorat Jendral juga memberikan fasilitasi dan konsultasi terkait pelaksanaan SPIP di BP PAUD dan Dikmas Bali. Kegiatan ini diharapkan dapat mengidentifikasi kendala dan hambatan pelaksanaan SPIP di satuan kerja sehingga dapat mengevaluasi dan meningkatkan implementasi manajemen resiko dan pelaksanaan SPIP di BP PAUD dan Dikmas Bali. (shanty)

PROGRAM



GALERI FOTO

previous arrow
next arrow
previous arrownext arrow
Slider

STATISTIK PENGUNJUNG

  • 6
  • 3
  • 2.415
  • 43.630
  • 67.204