Home » Berita Balai » Webinar Kelas Orang Tua Berbagi Provinsi Bali Episode 7

KEPALA

Dra. Endah Warsiati, M.Pd

FACEBOOK

Webinar Kelas Orang Tua Berbagi Provinsi Bali Episode 7

pauddikmasbali.kemdikbud.go.id

Webinar Kelas Orang Tua Berbagi Provinsi Bali Episode 7, Selasa (24/11/2020).

BP PAUD dan Dikmas Provinsi Bali kembali menyelenggarakan Webinar Kelas Orang Tua Berbagi Episode 7 secara daring melalui zoom meetings, Selasa (24/11/2020). Episode ke 7 ini Webinar Kelas Orang Tua Berbagi Provinsi Bali kembali hadir dengan judul ” Melakukan Aktivitas Fisik Asyik Bersama Keluarga”.

Webinar Kelas Orang Tua Berbagi di Episode 7 merupakan episode yang spesial karena dihadiri  oleh Bunda PAUD Provinsi Bali, Ni Putu Putri Koster dan Bapak Direktur PAUD Kemdikbud, Dr. Muhammad Hasbi, M.Pd.

Webinar Kelas Orang Tua Berbagi dilaksanakan dalam upaya fasilitasi orang tua untuk meningkatkan motivasi, pengetahuan dan keterampilan dalam pendidikan dan pengasuhan terutama pendampingan saat anak belajar dari rumah. Webinar di episode 7 ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada orang tua tentang bagaimana strategi menghadapi tantangan dalam mendampingi AUD selama BDR dan memberikan pengetahuan dan berbagi pengalaman mengenai strategi melakukan aktivitas asyik bersama keluarga selama masa BDR.

Webinar Kelas Orang Tua Berbagi Provinsi Bali Episode 7 ini di hadiri oleh Bunda PAUD Provinsi Bali, Ni Putu Putri Koster dan Bapak Direktur PAUD Kemdikbud, Dr. Muhammad Hasbi, M.Pd. serta  menghadirkan narasumber ahli yaitu Agus Sukarno Seorang Praktisi Ceria Bocah Indonesia dan dua Narasumber Orang Tua yaitu I Kade Oka Darmaja, S.Kep. orang tua AUD dari Putu Deo Arya Vedanta Artha yang bersekolah di TK Negeri Canang Sari Jembrana dan I Nengah Suwarbawa, S.Pd.T., M.Pd., Orang tua AUD bernama I Kadek Wistara Nirwasita Suwarbawa yang bersekolah di PAUD/TK Artha Kumara Jembrana. Narasumber di Webinar Episode ini di dampingi oleh Bunda Mira Kumara Sari yang merupakan Staf  Direktorat PAUD Kemdikbud.

Dokumentasi Paparan Materi oleh narasumber seluruh narasumber Webinar Kelas Orang Tua Berbagi Provinsi Bali Episode 6, Selasa (24/11/2020).

Direktur PAUD Kemdikbud, Dr. Muhammad Hasbi, M.Pd menyampaikan terima kasih yang sebesarnya kepada BP PAUD dan Dikmas Provinsi Bali yang telah bekerjasama dengan baik selama masa pandemi ini dalam melaksanakan Webinar Kelas Orang Tua Berbagi. Beliau menambahkan bahwa tentunya hal ini tidak terlepas dari dukungan Bunda PAUD Provinsi Bali terhadap pengembangan Pendidikan AUD di Provinsi Bali.

Direktur PAUD Kemdikbud, Dr. Muhammad Hasbi, M.Pd. dalam Webinar Kelas Orang Tua Berbagi Provinsi Bali Episode 7 , Selasa (24/11/2020).

Dalam arahannya beliau menyampaikan bahwa Direktorat PAUD berkerjasama dengan seluruh pemangku kepentingan PAUD telah melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk memitigasi masalah yang dialami selama melaksanakan BDR di masa pandemi. Yang pertama yang dilakukan yaitu bagaimana meningkatkan kemampuan pedagogik guru agar mereka mampu memfasilitasi orang tua agar anak-anak dapat belajar dari rumah. Selama Bulan Mei Direktorat PAUD telah menyusun 12 buku yang berisi mengenai tips bagi guru bagaimana cara mempersiapkan orang tua agar dapat mendampingi anak belajar dari rumah. Direktorat PAUD juga menyediakan pedoman bagi orang tua yang berisi tiga puluh pedoman agar orangtua dapat meningkat kompetensi pedagogiknya dan juga dapat meningkat kompetensi substansinya agar mereka mampu melaksanakan pembelajaran dari rumah. “Kita melaksanakan berbagai kegiatan seperti webinar kelas orang tua berbagi yang terselenggara sebanyak 12 episode di tingkat nasional dan 8 episode di tingkat provinsi. Melalui webinar ini pesan yang ingin kita sampaikan adalah bahwa sesungguhnya orang tua ataupun keluarga dirumah dapat memfasilitasi tumbuh kembang AUD terutama tumbuh kembang fisik motoriknya dengan melakukan aktivitas-aktivitas sederhana.” Ungkap Direktur PAUD Kemdikbud, Dr. Muhammad Hasbi, M.Pd dalam paparannya.

Bunda PAUD Provinsi Bali, Ni Putu Putri Koster dalam Webinar Kelas Orang Tua Berbagi Provinsi Bali Episode 7 , Selasa (24/11/2020).

Bunda PAUD Provinsi Bali, Ni Putu Putri Koster dalam  paparannya menyampaikan bahwa sesungguhnya di usia dini sentuhan orang tua sangat penting, tidak menyerahkan seluruh pengasuhan kepada pihak lain. Sentuhan kasih sayang langsung dari orang tua di masa pandemi ini harus diingatkan kembali. “Kita harus mengambil sisi positif dari masa pandemi ini untuk berhenti sejenak, mengikuti alam yang menarik kita kembali kepada hakekat kita sebagai orang tua untuk kembali kepada anak  yaitu mengasuh, memberikan sentuhan dan kasih sayang kepada anak” ungkap Bunda PAUD Provinsi Bali, Ni Putu Putri Koster dalam  paparannya.

Beliau menyampaikan bahwa Orang tua harus pintar-pintar melihat kebutuhan anak, bukan apa yang diinginkan orang tua.”Kita sangat paham di masa milenial ini kita harus beradaptasi dengan argumentasi dan keinginan anak-anak agar kita dapat memberikan pendampingan kepada anak.” Ungkap Bunda PAUD Provinsi Bali, Ni Putu Putri Koster dalam  paparannya.

Paparan dari Narasumber Orang Tua dalam Webinar Kelas Orang Tua Berbagi Provinsi Bali Episode 7 , Selasa (24/11/2020).

Setelah kedua keynotes speaker memberikan arahannya Webinar Episode ke 7 ini dilanjutkan dengan materi dari narasumber orang tua yaitu Ns. I Kade Oka Darmaja, S.Kep. dan I Nengah Suwarbawa, S.Pd.T., M.Pd yang menyampaikan pengalamannya dalam mendampingi anak belajar dari rumah.

Paparan dari Narasumber Ahli dalam Webinar Kelas Orang Tua Berbagi Provinsi Bali Episode 7 , Selasa (24/11/2020).

Sharing  dari kedua narasumber orang tua dalam episode ini dikuatkan oleh Narasumber ahli yang membahas topik secara lebih mendalam. Ayah Agus Sukarno dari Ceria Bocah Indonesia, memaparkan dan menyampaikan berbagai strategi dalam melakukan aktivitas fisik asyik bersama keluarga selama mendampingi anak belajar dari rumah

Webinar yang berlangsung selama 2 jam ini dihadiri kurang lebih 424 orang peserta yang merupakan guru PAUD dan orangtua dari berbagai wilayah yang ada di Provinsi Bali bahkan hingga luar Provinsi Bali.

PROGRAM



GALERI FOTO

previous arrow
next arrow
previous arrownext arrow
Slider

STATISTIK PENGUNJUNG

  • 383
  • 114
  • 649
  • 169
  • 2.666
  • 13.561
  • 166.645
  • 207.164
  • 29.452
  • 11.194
  • 134
  • 18