Home » Berita Balai » Webinar Kelas Orang Tua Berbagi Provinsi Bali Episode 6

KEPALA

Dra. Endah Warsiati, M.Pd

FACEBOOK

Webinar Kelas Orang Tua Berbagi Provinsi Bali Episode 6

pauddikmasbali.kemdikbud.go.id

Webinar Kelas Orang Tua Berbagi Provinsi Bali Episode 6, Selasa (10/11/2020).

BP PAUD dan Dikmas Provinsi Bali menyelenggarakan Webinar Kelas Orang Tua Berbagi Episode 6 secara daring melalui zoom meetings, Selasa (10/11/2020). Episode ke 6 ini Webinar Kelas Orang Tua Berbagi Provinsi Bali kembali hadir dengan judul ” Menjadi Pahlawan Tanpa Tanda Jasa di Tengah Pandemi”.

Webinar Kelas Orang Tua Berbagi dilaksanakan dalam upaya fasilitasi bagi orang tua untuk meningkatkan motivasi, pengetahuan dan keterampilan dalam pendidikan dan pengasuhan terutama pendampingan saat anak belajar dari rumah. Webinar di episode 6 ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada orang tua tentang bagaimana strategi menghadapi tantangan dalam mendampingi AUD selama BDR.

Paparan Materi oleh narasumber Webinar Kelas Orang Tua Berbagi Provinsi Bali Episode 6, Selasa (10/11/2020)

Webinar Kelas Orang Tua Berbagi Provinsi Bali Episode 6 menghadirkan narasumber ahli yaitu Putu Nugrahaeni Widiasavitri, S.Psi., M.Psi yang merupakan Psikolog , Narasumber Orang Tua yaitu Komang Prita Andiani Pendit Ibunda dari Atisha Landyta Noverina berusia 4 tahun yang sedang bersekolah di PAUD Taman Agustus Tabanan dan Ni Putu Diah Nava Utami Ningsih Ibunda dari Gusti Ayu Putu Nagita Aurelia Mahendra yang berusia 4 tahun yang sedang bersekolah di PAUD Hindu Udiana Sari, Tabanan. Narasumber Ahli dan Narasumber Orang Tua di Webinar Kelas Orang Tua Episode 6 ini didampingi oleh moderator yaitu Drs. I Nyoman Diasa yang Pamong Belajar BP PAUD dan Dikmas Provinsi Bali.

Paparan Materi oleh narasumber ahli yaitu Putu Nugrahaeni Widiasavitri, S.Psi., M.Psi Webinar Kelas Orang Tua Berbagi Provinsi Bali Episode 6, Selasa (10/11/2020)

Narasumber Ahli dalam episode ini yaitu Bunda Putu Nugrahaeni Widiasavitri, S.Psi., M.Psi  menyampaikan bahwa orangtua harus memberikan apresiasi diri didalam masa pandemi ini sebagai pendidik utama anak di rumah dan juga sekaligus menjadi guru dan pendamping utama di rumah. Memang tidak mudah dan rasanya menguras emosi di masa BDR ini, karena banyaknya kendala yang dihadapi antara lain anak yang tidak mau menuruti perintah ayah bunda saat meminta anak melakukan sesuatu. Anak merupakan pribadi yang sensitif dan dapat merasakan perubahan mood pada orang tua. Kita harus mulai dari diri sendiri seperti ilustasi yang ada yaitu pada saat di pesawat bila terjadi keadaan darurat, yang harus dilakukan yaitu kita harus memasang masker oksigen untuk diri sendiri, setelah diri aman bunda dapat bernapas lega barulah bunda dapat menyelamatkan orang lain di samping bunda. Beberapa tips yang dapat dilakukan saat ini dikala banyaknya pikiran dan kegiata yang harus dilakukan yaitu dengan memeluk diri sendiri.

Paparan Materi oleh narasumber orangtua dalam Webinar Kelas Orang Tua Berbagi Provinsi Bali Episode 6, Selasa (10/11/2020)

Bunda Prita sebagai narasumber orang tua berbagi mengenai anak beliau yang bernama Tisa, semenjak dini bunda Prita berusaha untuk menanamkan karakter agar Tisa dapat berkembang menjadi anak yang cinta alam dan semesta. Bunda Prita menyampaikan Terkadang ego orang tua juga menjadi kendala dalam kegiatan belajar. Beberapa solusi yang saya terapkan yaitu beliau berusaha lebih kreatif dengan memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar serta melakukan bonding time dengan anak, yaitu memanfaatkan waktu bersama anak dengan maksimal. Beliau juga berusaha untuk memberikan menu pembelajaran yang melibatkan banyak kegiatan bermain.

Bunda Diah sebagai narasumber orang tua kedua membagikan kegiatan sehari-hari bersama Gek Nagita yaitu dimulai dengan bagun pagi dengan membiasakan anak minum air setelah bangun tidur, cuci muka dan menggosok gigi. Gek Nagita merupakan anak yang mandiri, Gek Nagita sudah biasa makan sendiri. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan mandi bersih-bersih dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru di sekolah. Selesai belajar saya juga membiasakan Gek Nagita untuk merapikan peralatan belajar sebelum bermain. Gek Nagita juga merupakan anak yang menyayangi adiknya, jadi pada saat bermain Gek Nagita sudah dapat menjaga adiknya dalam kegiatan bermain. Kami juga membiasakan Gek Nagita untuk berbagi dengan adiknya. Sejak kecil sudah ditanamkan untuk berbagi dengan adik dan berusaha untuk tidak bertengkar dengan saudara.

Webinar yang berlangsung selama 2 jam ini dihadiri kurang lebih 220 peserta yang merupakan guru PAUD dan  orangtua dari berbagai wilayah yang ada di Provinsi Bali bahkan hingga luar Provinsi Bali seperti NTB, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Sumatera Barat.

PROGRAM



GALERI FOTO

previous arrow
next arrow
previous arrownext arrow
Slider

STATISTIK PENGUNJUNG

  • 384
  • 115
  • 649
  • 169
  • 2.667
  • 13.562
  • 166.646
  • 207.165
  • 29.453
  • 11.194
  • 134
  • 18