Home » Berita Balai » Upacara Piodalan Pura Swagina BP PAUD dan Dikmas Bali

KEPALA

Dra. Endah Warsiati, M.Pd

FACEBOOK

Upacara Piodalan Pura Swagina BP PAUD dan Dikmas Bali

pauddikmasbali.kemdikbud.go.id

Upacara Piodalan Pura Swagina BP PAUD dan Dikmas Bali (3)
Upacara Dewa Yadnya (Piodalan) Pura Swagina BP PAUD dan Dikmas Bali,Senin (3/8)

BP PAUD dan Dikmas Bali melaksanakan Upacara Dewa Yadnya (Piodalan) yang dilakukan selama satu tahun sekali bertepatan dengan Purnama Karo, Senin 3 Agustus 2020. Upacara Dewa Yadnya (Piodalan)  Pura Swagina BP PAUD dan Dikmas Bali jatuh setiap 12 bulan sekali, dihitung berdasarkan penanggalan sasih yang ditandai dengan bulan purnama dalam sistem kalender Bali. Dengan tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19, Pegawai BP PAUD dan Dikmas Bali melakukan upacara persembahyangan bersama di Pura Swagina BP PAUD dan Dikmas Bali.

Adapun persiapan yang dilaksanakan di hari sebelum  Upacara Dewa Yadnya (Piodalan) yaitu dengan melaksanakan kerja bakti pembersihan area pura dan gedung BP PAUD dan Dikmas Bali bersama seluruh pegawai dan staf BP PAUD dan Dikmas Bali, melaksanakan pembuatan dan pemasangan tetaring, nguling,serta mekemit. Seluruh pegawai BP PAUD dan Dikmas Bali turut berpartisipasi dalam melakukan persiapan piodalan di Pura Swagina BP PAUD dan Dikmas Bali.

Upacara Piodalan Pura Swagina BP PAUD dan Dikmas Bali (1)
Upacara Dewa Yadnya (Piodalan) Pura Swagina BP PAUD dan Dikmas Bali,Senin (3/8)

Prosesi Piodalan diawali dengan upacara pembersihan secara niskala, dilanjutkan dengan upacara mecaru, Puncak upacara dilakukan dengan persembahyangan bersama diikuti oleh seluruh pegawai BP PAUD dan Dikmas Bali.

Upacara Piodalan Pura Swagina BP PAUD dan Dikmas Bali (2)
Upacara Piodalan Pura Swagina BP PAUD dan Dikmas Bali (4)
Upacara Dewa Yadnya (Piodalan) Pura Swagina BP PAUD dan Dikmas Bali,Senin (3/8)

Pelaksanaan Odalan merupakan bentuk ucapan terima kasih kehadapan Ida Hyang Widhi Wasa atas berkah dan karuniaNYA selama ini. Sebagai mahluk Tuhan kita harus bersyukur terhadap apa yang kita peroleh berupa keselamatan, Upacara Piodalan tidak semata seremonial belaka melainkan dalam diambil hikmah dari upacara/piodalan yang merupakan korban suci/yadnya dengan tulus iklas sebagai penjabaran dari Tri Hita Karana dan saran intropeksi/mulat sarira terhadap apa yang telah kita lakukan dan kedepan apa yang kita lakukan dalam mengabdi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pelaksanaan upacara piodalan di akhiri sembahyang bersama, dalam suasana kekeluargaan dan berjalan lancar. Dalam Upacara Dewa Yadnya (Piodalan) tahun ini seluruh pegawai BP PAUD dan Dikmas Bali berdoa bersama dan meminta perlindungan dan dianugrahi kesehatan dan keselamatan serta terhindar dari pandemik covid-19 dan bersama-sama berdoa agar pandemik covid-19 cepat berlalu sehingga BP PAUD dan Dikmas Bali dapat memberikan pelayanan dengan maksimal seperti sebelumnya.

PROGRAM



GALERI FOTO

previous arrow
next arrow
previous arrownext arrow
Slider

STATISTIK PENGUNJUNG

  • 4
  • 3
  • 153
  • 90.532
  • 122.771