Home » Berita Balai » Seminar PAUD “Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Bermain Dalam Melodi”

KEPALA

Dra. Endah Warsiati, M.Pd

FACEBOOK

Seminar PAUD “Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Bermain Dalam Melodi”

pauddikmasbali.kemdikbud.go.id

Seminar PAUD “Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Bermain Dalam Melodi” secara daring, Rabu (18/11/2020)

BP PAUD dan Dikmas Provinsi Bali menggelar Seminar PAUD “Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Bermain Dalam Melodi”  secara daring, Rabu (18/11/2020). Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 200 peserta secara daring melalui media Zoom Meeting. Seminar ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pengetahuan dan keterampilan pendidik PAUD mengenai cara penanaman karakter anak usia dini melalui bermain dalam melodi .

Hadir dalam kegiatan Seminar PAUD Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Bermain Dalam Melodi narasumber yang luar biasa, diantaranya Direktur PAUD Kemdikbud, Dr. Muhhamad Hasbi, Bunda PAUD Kota Denpasar, I.A. Selly Fajarini, S.E, Kepala BP PAUD dan Dikmas Provinsi Bali, Dra. Endah Warsiati, M.Pd, dan Dosen Universitas Pendidikan Indonesia, Dr. Phill. Leli Kurniawati,S.Pd.M.Mus.

Kegiatan ini diawali dengan paparan materi dari Direktur PAUD Kemdikbud, Dr. Muhhamad Hasbi . Dalam paparannya beliau menyampaikan bahwa pendidikan karakter pada anak usia dini sangatlah penting karena karakter anak merupakan potret masa depan Indonesia. Bunda PAUD Kota Denpasar, I.A. Selly Fajarini dalam kesempatannya turut menyampaikan bahwa karakter sangat penting dibentuk sedari usia dini. Beliau juga menyampaikan bahwa pentingnya bermain untuk AUD apalagi dalam masa pandemi, “Bukan anak yang harus kreatif tapi orang tua” tegas Bunda PAUD Kota Denpasar, I.A. Selly Fajarini.

Seminar PAUD “Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Bermain Dalam Melodi” secara daring, Rabu (18/11/2020)

Dalam situasi dan kondisi pandemi Covid-19, anak harus belajar dari rumah dan didampingi oleh orangtua, dimana orang tua sering kali merasa kesulitan mengenai bagaimana cara menanamkan karakter pada anak yang biasanya hal itu banyak dilakukan oleh guru di sekolah.  Untuk itu Pendidik perlu menggunakan metode yang kreatif dan inovatif, yang dapat dilakukan orang tua dalam mendampingi anak belajar dari di rumah. Salah satu metode yang bisa digunakan adalah dengan menanamkan karakter melalui nyanyian, karena nyanyian menjadi bagian dari kehidupan anak selain aktivitas bermain. Nyanyian yang diberikan kepada anak dapat dibuat dengan gaya bahasa sederhana, lirik yang pendek dan sesuai dengan perkembangan anak agar mudah dipahami dan dijiwai oleh anak. Nyanyian dapat diberikan kepada anak didik dengan cara mengajarkan nyanyian yang sudah ada, mengganti lirik dari lagu yang sudah dikenal sebelumnya dengan lirik lain atau jika memungkinkan dengan membuat lagu baru dengan lirik yang sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Jika nyanyian tersebut sering dinyanyikan dan didengarkan diharapkan dapat menjadi sugesti bagi anak-anak untuk memiliki karakter seperti dalam makna nyanyian tersebut.  Namun kegiatan menyanyi secara vokal saja tanpa menggunakan iringan musik yang menyenangkan akan memicu anak mengalami kejenuhan dan kebosanan dalam belajar oleh karena itu menyanyi diiringi musik dapat menjadi salah satu cara yang asik . Musik dapat meningkatkan intelegensi dan menimbulkan reaksi psikologis yang dapat mengubah suasana hati dan kondisi emosi, sehingga musik bermanfaat sebagai relaksasi yang dapat menghilangkan stress, mengatasi kecemasan, memperbaiki mood dan menumbuhkan kesadaran spiritual. Seminar ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pendidik PAUD dalam Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Bermain Dalam Melodi.

PROGRAM



GALERI FOTO

previous arrow
next arrow
previous arrownext arrow
Slider

STATISTIK PENGUNJUNG

  • 139
  • 7
  • 675
  • 95
  • 1.834
  • 7.662
  • 202.926
  • 245.609
  • 32.261
  • 13.965
  • 146
  • 19