Home » Berita » Seleksi Apresiasi GTK PAUD Dikmas Berprestasi dan Berdedikasi Provinsi Bali Tahun 2019

KEPALA

Dra. Endah Warsiati, M.Pd

FACEBOOK

Seleksi Apresiasi GTK PAUD Dikmas Berprestasi dan Berdedikasi Provinsi Bali Tahun 2019

Pemaparan Peserta Kategori Pengelola PKBM di depan tim juri dalam Seleksi Apresiasi GTK PAUD Dikmas Berprestasi dan Berdedikasi Provinsi Bali Tahun 2019.

Guru dan tenaga kependidikan merupakan faktor penting dalam penyelenggaraan pembelajaran dan pengelolaan satuan pendidikan guna mendukung implementasi revolusi mental terutama dalam konteks mengubah karakter bangsa ke arah yang lebih baik. Dalam rangka mendukung peningkatan mutu layanan pendidikan terhadap program keprofesionalan guru dan tenaga kependidikan perlu diberikan penghargaan bagi guru dan tenaga kependidikan PAUD dan Dikmas sesuai dengan prestasi yang dicapai dalam mengemban tugas pembelajaran maupun pengelolaan satuan pendidikan nonformal di berbagai wilayah Indonesia. Hal tersebut sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 40 bahwa pendidik dan tenaga kependidikan berhak memperoleh penghargaan sesuai dengan tugas dan prestasinya.

Pemaparan Peserta Kategori Instruktur Kursus Tata Rias Pengantin Tradisional Seleksi Apresiasi GTK PAUD Dikmas Berprestasi dan Berdedikasi Provinsi Bali Tahun 2019.

Berkaitan dengan pemberian penghargaan, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan telah melaksanakan pemberian penghargaan kepada Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (GTK PAUD dan Dikmas) melalui kegiatan Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Berprestasi Tingkat Nasional secara berkelanjutan yang dilaksanakan di Provinsi Bangka Belitung. Apresiasi ini diberikan bagi mereka yang telah mengabdikan diri dan berperan aktif dalam penyelenggaraan pembelajaran dan pengelolaan satuan PAUD dan Dikmas. Kegiatan Apresiasi ini telah berlangsung selama 13 tahun dan bertujuan sebagai wadah bagi para GTK PAUD dan Dikmas untuk saling bertukar ilmu, meningkatkan wawasan, meningkatkan kompetensi sebagai guru dan tenaga kependidikan, menjalin silaturahmi dari 34 provinsi, dan memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa.

BP PAUD dan Dikmas Bali memfasilitasi kegiatan seleksi pemilihan GTK PAUD Dikmas Berprestasi dan Berdedikasi Provinsi Bali untuk nantinya mewakilkan provinsi Bali di tingkat Nasional yang akan berlangsung di Bangka Belitung. Proses seleksi dilakukan dari tingkat Kabupaten/Kota hingga Provinsi, dan seleksi akhir pada tingkat Nasional.

Pemaparan Peserta Kategori Pendidik PAUD Seleksi Apresiasi GTK PAUD Dikmas Berprestasi dan Berdedikasi Provinsi Bali Tahun 2019.

Bersama dengan HIPMI Provinsi Bali, kegiatan seleksi berlangsung di Kantor BP PAUD dan Dikmas Bali pada Jumat, 31 Mei 2019. Kegiatan Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2019 terdiri dari 22 kategori lomba. Meliputi, 11 kategori lomba pendidik perseorangan, 6 lomba tenaga kependidikan perseorangan, 4 lomba pendidik dan tenaga kependidikan daerah khusus dan 1 kategori lomba kelompok.

Dalam Proses seleksi yang dilakukan di tingkat Provinsi yang di selenggarakan di BP PAUD dan Dikmas Bali, 6 (enam) kategori apresiasi di tentukan melalui proses seleksi yaitu Kategori Pendidikan KB/TPA/SPS, Kategori Instruktur Kursus Tata Rias Pengantin Tradisional, Kategori Tutor Pendidik Kesetaraan, Kategori Pengelola KB/TPA/TPS, Kategori Pengelola PKBM, dan Kategori Pengelola LKP, dan untuk kategori sisanya menggunakan proses seleksi penunjukan langsung. Peserta Apresiasi berasal dari berbagai provinsi yaitu Badung, Denpasar, Buleleng, dan Gianyar. Sesuai dengan kebijakan pemerintah dalam memberikan penghargaan, kegiatan apresiasi ini diarahkan untuk mewujudkan revolusi mental yang mencakup aspek integritas, etos kerja dan gotong royong bagi GTK PAUD dan Dikmas dalam pelaksanaan tugasnya. (shanty)

PROGRAM


GALERI FOTO

previous arrow
next arrow
ArrowArrow
Slider

STATISTIK PENGUNJUNG

  • 4
  • 3
  • 45
  • 20
  • 457
  • 1.563
  • 22.272
  • 35.872
  • 12.537
  • 4.777
  • 74
  • 14