Home » Berita Balai » Rapat Koordinasi Pemetaan Mutu Satuan PAUD dan Dikmas Tahun 2020 Secara Daring

KEPALA

Dra. Endah Warsiati, M.Pd

FACEBOOK

Rapat Koordinasi Pemetaan Mutu Satuan PAUD dan Dikmas Tahun 2020 Secara Daring

Dalam upaya meningkatkan mutu lembaga, pendidik, dan pembelajaran serta persiapan untuk akreditasi satuan PAUD dan Dikmas dalam memajukan pendidikan, tepat waktu dan tepat sasaran, efektif dan efisien serta akuntabel,  BP PAUD dan Dikmas Bali menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pemetaan Mutu Satuan PAUD dan Dikmas Bali tahun 2020 secara daring menggunakan aplikasi zoom meeting pada tanggal 15 s.d. 17 Juli 2020.

Sesi foto bersama seluruh narasumber dan peserta Rapat Koordinasi Pemetaan Mutu Satuan PAUD dan Dikmas Bali tahun 2020.

Rakor Pemetaan Mutu Satuan PAUD dan Dikmas Tahun 2020 Secara Daring ini di hadiri oleh Dr. Sutanto, S.H., M.A, Sekretaris Ditjen PAUD, Dikdas dan Dikmen yang berkesempatan memberikan arahannya kepada para peserta rakor. Dimana dalam paparannya beliau memberikan arahan terkait kebijakan Pemetaan Mutu Satuan PAUD dan Dikmas tahun 2020. Beliau juga menyampaikan besar harapannya agar satuan PAUD Dikmas dapat tetap menjaga protokol kesehatan dalam menjalankan proses pembelajaraan dan semoga terhindar dari Covid-19 dengan terus menerapkan pola hidup bersih dan sehat. “Dampak covid 19 sangatlah luas kepada seluruh kalangan, bedasarkan data UNESCO 1,3m peserta didik terkena dampak covid 19 di dunia dan harus melaksanakan proses belajar dirumah, sehingga merubah dan memaksa kita melakukan terobosan terbaru untuk melakukan layanan pendidikan tanpa tatap muka. Di Indonesia ada 646,2ribu satuan pendidikan 68,8 juta siswa belajar dirumah dan 4,2 juta guru dan dosen belajar dari rumah.” ungkap beliau dalam paparannya. Dalam penyampainnya terkait kebijakan pemetaan mutu tahun 2020 di tengah masa pandemi ini, beliau mengharapkan lembaga yang belum terakreditasi dan yang terpetakan dilakukan pendekatan dan pendampingan agar terakreditasi. Untuk mengelola pendidikan dengan baik harus di dukung dengan data yang baik yaitu cepat, lengkap, muktahir, akurat dan akuntabel. Menjadi perhatian kita untuk meningkatkan kualitas dari PAUD yang ada khususnya di Provinsi Bali.

Dr. Sutanto, S.H., M.A, Sekretaris Ditjen PAUD, Dikdas dan Dikmen dalam memberikan arahannya dan materinya kepada Peserta Rapat Koordinasi Pemetaan Mutu Satuan PAUD dan Dikmas Bali tahun 2020.

Kegiatan Rapat Koordinasi Pemetaan Mutu Satuan PAUD dan Dikmas Bali secara daring di buka langsung oleh Endah Warsiati, M. Pd, Kepala BP PAUD dan Dikmas Bali. Ibu Dra. Endah Warsiati, M. Pd membuka rakor ini dengan mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena seluruh peserta dan narasumber dapat berkumpul dan berdiskusi dalam Rapat Koordinasi Pemetaan Mutu Satuan PAUD dan Dikmas Tahun 2020 secara daring. Beliau mengharapkan untuk seluruh satuan PAUD Dikmas tetap menjaga kesehatan dan  harus tetap menggunakan protokol kesehatan dalam menjalankan layanan pendidikan.

Endah Warsiati, M. Pd, Kepala BP PAUD dan Dikmas Bali dalam membuka Kegiatan Rapat Koordinasi Pemetaan Mutu Satuan PAUD dan Dikmas Bali secara daring.

Beliau juga menyampaikan terkait tugas dan fungsi balai yang masih sama dengan tusi ditahun sebelumnya, korbisnisnya ada pada pengembangan model dan pengembangan mutu. Di tengah Pandemi Covid-19 ini, hambatan dalam memberikan layanan pendidikan tidak hanya ada di Provinsi Bali tapi di semua daerah di Indonesia. Masih ada 1.301 PAUD dan PKBM Provinsi Bali yang belum terakreditasi dan belum terpetakan di tahun 2020 ini, Untuk itu diharapkan adanya peran serta dan kerjasama antara Balai dengan mitra Balai untuk menuntaskan kekurangan yang ada. Beliau mengingatkan untuk Semua PAUD dan PKBM diharapkan dapat melakukan proses yang sudah ditentukan dan melaksanakan semua petunjuk yang diberikan.

Made Kusuma Wardani, SH.,M.Pd.H (Ka. Seksi PPSDM BP PAUD dan Dikmas Bali) dalam memberikan materi.

Kegiatan Rapat Koordinasi Pemetaan Mutu Satuan PAUD dan Dikmas Bali tahun 2020  diisi oleh narasumber yaitu Dr. Sutanto, S.H., M.A (Sekretaris Ditjen PAUD, Dikdas dan Dikmen), Dra. Endah Warsiati, M.Pd (Ka. BP PAUD dan Dikmas Bali), Made Kusuma Wardani, SH.,M.Pd.H (Ka. Seksi PPSDM BP PAUD dan Dikmas Bali), Drs. I Nyoman Diasa (PB Madya BP PAUD dan Dikmas Bali), Gede Adistana Wira Saputra, S. Pd (Staf BP PAUD dan Dikmas Bali),  Drs. Komang Saptono dan Drs. Djito, M.Pd (BAN PAUD dan PNF Bali).

Drs. Komang Saptono dan Drs. Djito, M.Pd (BAN PAUD dan PNF Bali) dalam memberikan materi di Rapat Koordinasi Pemetaan Mutu Satuan PAUD dan Dikmas Bali tahun 2020.

Dan di hadiri oleh peserta yang berasal dari Kabid/Kasi Bidang PAUD dan PNF, Operator Dapo PAUD dan Dikmas Kabupaten/Kota,  Fasilitator PAUD dan PNF Kabupaten/Kota dan perwakilan dari BAN PAUD dan PNF.

Drs. I Nyoman Diasa (PB Madya BP PAUD dan Dikmas Bali), Gede Adistana Wira Saputra, S. Pd (Staf BP PAUD dan Dikmas Bali)

Tujuan rakor pemetaan mutu ini adalah untuk memetakan 324 satuan dan sekaligus memberikan pendampingan untuk maju akreditasi pada tahun 2020 yang dilaksanakan sesuai prosedur yang diharapkan. Dimana tahun ini kabupaten terbanyak yang dipetakan adalah kabupaten Tabanan dan Karangasem. Kemudian Setelah kegiatan rakor ini akan ada 3 tahapan yang diagendakan berikutnya yaitu verifikasi di lapangan, monitoring untuk pengolaan dan analisis yang diproses oleh panitia. Besar harapan BP PAUD dan Dikmas Bali untuk pandemi covid-19 ini segera usai sehingga dapat melaksanakan tatap muka untuk memaparkan hasil pemetaan mutu yang telah dilakukan. Dengan adanya pemetaan ini diharapkan adanya keberhasilan dengan adanya perubahan dan manfaat untuk kita semua dan memberikan manfaat kepada masyarakat. Diharapkan para peserta dapat memberi masukan agar kita bisa sama-sama menuntaskan kekurangan yang ada.

PROGRAM



GALERI FOTO

previous arrow
next arrow
previous arrownext arrow
Slider

STATISTIK PENGUNJUNG

  • 3
  • 3
  • 43
  • 85.219
  • 114.997