Home » Berita » Rapat Koordinasi Keterlaksanaan Kebijakan Kemdikbud Bersama Pemerintah Daerah se-Provinsi Bali Secara Daring

KEPALA

Dra. Endah Warsiati, M.Pd

FACEBOOK

Rapat Koordinasi Keterlaksanaan Kebijakan Kemdikbud Bersama Pemerintah Daerah se-Provinsi Bali Secara Daring

Di tengah pandemik virus Corona (Covid-19), BP PAUD dan Dikmas Bali tetap melaksanakan tugas dan fungsinya dengan memanfaatkan media komunikasi secara daring. Salah satunya mengikuti kegiatan rapat koordinasi secara daring terkait keterlaksanaan kebijakan Kemdikbud oleh Pemerintah daerah yang di selenggarakan oleh LPMP Bali dengan video conference menggunakan aplikasi Zoom di Ruang Rapat ULT BP PAUD dan Dikmas Bali, Jumat, 3 April 2020. Rapat ini di hadiri oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas Bali, Dra. Endah Warsiati, M.Pd, Kasi PPSDM BP PAUD dan Dikmas Bali, Made Kusuma Wardhani, SH, M.Pd.H , Perwakilan Pamong belajar BP PAUD dan Dikmas Bali dan Pegawai yang bertugas.

Rapat Koordinasi Keterlaksanaan Kebijakan Kemdikbud oleh Pemerintah Daerah Secara Daring. (2)
Rapat Koordinasi Keterlaksanaan Kebijakan Kemdikbud oleh Pemerintah Daerah Secara Daring. (1)
Suasana rapat koordinasi secara daring terkait keterlaksanaan kebijakan Kemdikbud oleh Pemerintah daerah di Ruang Rapat ULT BP PAUD dan Dikmas Bali, Jumat (3/03/2020)

Rapat Koordinasi ini di hadiri secara daring oleh Direktur Pembinaan SMA, Perwalian Bali SulSel (Dr. Samto), Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bali, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten/Kota Se-Bali.Rapat koordinasi dibuka oleh kepala LPMP Bali, I Made Alit Dwitama, ST., M.Pd yang memaparkan agenda dalam rapat koordinasi yang dilakukan secara daring yaitu terkait Koordinasi keterlaksanaan kebijakan Kemdikbud oleh pemerintah daerah se provinsi Bali diantaranya kebijakan Social Distance COVID-19, Ujian Nasional Tahun 2019/2020, Penerimaan Peserta Didik  Baru (PPDB), Zonasi Tahun Ajaran 2020/2021, dan Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Kemudian Rapat di lanjutkan dengan arahan dari Bapak Direktur Pembinaan SMA, Drs. Purwadi Sutanto M.Si. Dalam arahannya  Drs. Purwadi Sutanto M.Si menyampaikan beberapan poin yaitu mengenai kebijakan Social Distance COVID-19, Ujian Nasional Tahun 2019/2020, Penerimaan Peserta Didik  Baru (PPDB), Zonasi Tahun Ajaran 2020/2021, Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan BOP PAUD. Dalam paparannya beliau meminta untuk mempelajari Kebijakan Kemdibud No 4 Tahun 2020 dan disosialisasikan ke seluruh sekolah tentang belajar  dirumah, mengajar dari rumah dan bekerja dirumah. Beliau mengingatkan untuk memberikan sosialisasi kepada sekolah dalam pemberian pembelajaran baik melalui daring atau medsos dan media lainnya tidak boleh memberatkan siswa atau peserta didik agar tetap tercipta pembelajaran dirumah yang menyenangkan sehingga membantu dalam memberikan pemahaman dalam proses belajar dan mengajar.

Kemudian rapat koordinasi dilanjutkan oleh paparan dari Kasi Informasi LPMP BALI I Gede Mastika, SP yang menjelaskan mengenai perbedaan Permendikbud Nomor 51/2018/jo Permendikbud Nomor 20/2019 dengan Permendikbud 44/2019 tentang PPDB diantaranya Tahapan pelaksanaan PPDB, Mekanisme daring (pendaftaran PPDB) dan Daya tampung peserta didik. KemudianRapat dilanjutkan dengan Laporan dari masing – masing Kepala Dinas Kabupaten/Kota Se-Bali mengenai kebijakan Social Distance COVID-19 yang telah di laksanakan , Ujian Nasional Tahun 2019/2020, Penerimaan Peserta Didik  Baru (PPDB), Zonasi Tahun Ajaran 2020/2021, dan Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di masing-maing ruang lingkupnya. Setelah laporan dari masing-masing Kepala Dinas Kabupaten/Kota Se-Bali Rapat dilanjutkan dengan Pengarahan dari Perwalian Bali SulSel, DR. Samto terkait  PPDB, BOS/BOP,BOP PAUD, BOP Kesetaraan serta proses penyetaraan untuk tindak lanjut UN yang dibatalakan.

Kepala BP PAUD Dikmas Bali, Dra. Endah Warsiati, M.Pd turut memberikan laporan dalam rapat koordinasi ini diantaranya mengenai Pencegahan covid-19 yang sudah dilaksanakan antara lain, mengatur jadwal WFH di BP PAUD dan Dikmas Bali, melaksakan penyemprotan dilingkungan kantor dan menutup layanan tatap muka BP PAUD dan Dikmas Bali dan mengalihkan layanan secara daring yaitu melalui website https//:pauddikamsbali.kemdikbud.go.id, email: pauddikmasbali@kemdikbud.go.id, dan social media BP PAUD dan Dikmas Bali. Selain itu BP PAUD dan Dikmas Bali juga tetap melaksanaakan koordinasi serta sosialisasi melalui Whatsapp Group DAK PAUD BOP PAUD. Dra. Endah Warsiati, M.Pd juga memberikan informasi terkait validasi data BOP PAUD masih dapat dilakukan sampai dengan tanggal 10 Mei 2020 dan membahas terkait Permasalahan BOP di tahun 2019 solusi yang telah dilaksanakan.

Kegiatan rapat koordinasi secara daring ini berjalan dengan lancer dan di tutup oleh Kepala LPMP Bali dengan mengucapkan terimakasih kepada semua undangan atas partisipasi sudah mengikuti rapat koordinasi secara daring melalui video conference. Dalam menutup kegiatan rapat koordinasi kepala LPMP Bali, I Made Alit Dwitama, ST., M.P berharap video conference dengan agenda lainnya tetap dapat dilaksanakan secara berkelanjutan sehingga informasi dan proses koordinasi tidak terputus Di tengah pandemik virus Corona (Covid-19).

PROGRAM



GALERI FOTO

previous arrow
next arrow
previous arrownext arrow
Slider

STATISTIK PENGUNJUNG

  • 5
  • 2
  • 2.415
  • 43.629
  • 67.203