Home » Berita Balai » Penyusunan Draf Model Pengembangan Program BP PAUD dan Dikmas Bali

KEPALA

Dra. Endah Warsiati, M.Pd

FACEBOOK

Penyusunan Draf Model Pengembangan Program BP PAUD dan Dikmas Bali

Tim Pengembang sedang menjelaskan materi model yang dikembangkan (27/6) (Edy_Cardiel)

DENPASAR, Penyusunan Draf Model merupakan salah satu tahapan dari pelaksanaan Pengembangan Program PAUD dan Dikmas pada BP PAUD dan Dikmas Bali. Kegiatan tersebut diatur pula pada Peraturan Direktur Jenderal PAUD dan Dikmas, Kemdikbud No. 02 Tahun 2016. Disebutkan bahwa pasca melakukan Studi Pendahuluan, Studi Literatur dan Focus Group Discussion (FGD) Hasil Studi Pendahuluan, Tim Pengembang Program melaksanakan kegiatan Penyusunan Draf Model. Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang sidang BP PAUD dan Dikmas Bali, Jln. Ahmad Yani No. 192, Peguyangan, Denpasar selama empat kali dengan rincian seperti berikut; 1) Senin, 25 Juni 2018 (Pengembangan Program Pendidikan Keluarga), 2) Selasa, 26 Juni 2018 (Pengembangan Program PAUD), 3) Selasa, 3 Juli 2018 (Pengembangan Program Pendidikan Kesetaraan), 4) Rabu, 4 Juli 2018 (Pengembangan Program Pendidikan Keaksaraan).

Pada kegiatan ini tim pengembang telah menetapkan topik dan tim teknis yang relevan dengan topik yang akan dikembangkan. Draf Model yang disusun berdasarkan hasil analisis penelitian yang relevan dan mengikuti regulasi yang diterbitkan oleh Kementerian. Kemudian, draf yang disusun berorientasi pada manajemen dan pembelajaran pada PAUD dan Dikmas serta sebagai upaya menyajikan pemecahan masalah. Hasil pemecahan masalah dari diskusi ini telah mampu menyusun draf secara sistematis, rinci dan mudah dipahami sehingga bersifat inovatif dan adaptif sesuai dengan situasi dan kondisi kelompok sasaran.

Draf Model diberikan penilaian dan masukan dari narasumber dan peserta secara matang dan terarah. Penilaian dan masukan tersebut diharapkan ; adanya kesesuaian antara hasil studi dan perangkat desain dengan permasalahan yang dihadapi oleh kelompok sasaran, adanya kebaruan dan inovasi diantara model yang telah ada, memiliki kelogisan struktur desain naskah, mudah dipahami dan diterapkan, berkualitas serta memiliki kelogisan prosedur pelaksanaan uji coba. Kegiatan ini diharapkan berkontribusi memberikan penilaian dan masukan yang konstruktif terhadap model yang akan dikembangkan. Hal tersebut dimaksudkan agar model yang akan dikembangkan memberikan kontribusi dalam perkembangan pembelajaran inovatif dan kreatif pada ranah pendidikan PAUD dan Dikmas (Adistana).

PROGRAM



GALERI FOTO

previous arrow
next arrow
previous arrownext arrow
Slider

STATISTIK PENGUNJUNG

  • 158
  • 30
  • 169
  • 56.167
  • 84.365