Home » Berita » Peningkatan Kapasitas PTK PAUD dan Dikmas

KEPALA

Dra. Endah Warsiati, M.Pd

FACEBOOK

Peningkatan Kapasitas PTK PAUD dan Dikmas

Kegiatan Peningkatan Kapasitas PTK PAUD dan Dikmas dibuka oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas Bali ditandai dengan pemukulan gong. (14/5) (Edy_Cardiel)

DENPASAR, 14 Mei 2018. Peningkatan Kapasitas PTK PAUD dan Dikmas melalui diklat telah dilaksanakan oleh BP PAUD dan Dikmas Bali. Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan bagi Guru PAUD Tingkat Dasar dan Para Tutor Pendidikan Kesetaraan Paket C secara bersamaan dalam satu lokasi kegiatan yang bertempat di Hotel Nirmala, Jl. Mahendradatta No.81, Padangsambian, Denpasar, Bali selama empat hari mulai dari 14 s.d 17 Mei 2018.

Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan PAUD Tingkat Dasar maupun Diklat Tutor Pendidikan Kesetaraan Paket C melibatkan masing-masing 45 orang peserta sehingga jumlah peserta keseluruhan mencapai 90 orang peserta. Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber baik dari pusat maupun lokal. Salah satu narasumber pusat diwakili oleh Kasubdit Program dan Evaluasi, Ditbindiktara Dr. Samto. Dalam paparannya Beliau pada Diklat Tutor Pendidikan Kesetaraan Paket C lebih banyak berbicara program Ditbindiktara yang salah satu diantaranya menyebutkan bahwa akan ada dana bantuan berupa BOP secara penuh bagi Peserta Didik Program Pendidikan Kesetaraan yang telah terinput pada aplikasi Dapodikmas. Hal tersebut merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam mendukung program pendidikan kesetaraan. Sementara untuk narasumber lokal menghadirkan Ka. Balai, Ka.Seksi Program dan SDM, Koordinator Pamong Belajar, Ketua Tim Pengembang Program  dan Organisasi Mitra.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas Bali, Dra. Endah Warsiati, M.Pd. Dalam paparannya, Kepala Balai mengajak agar para pelaku pendidikan non formal bahu membahu menuju satu titik untuk ketercapaian Standar Nasional Pendidikan yang maksimal, selain itu, Beliau memaparkan terkait program kerja yang dilaksanakan oleh Balai sesuai dengan tugas dan fungsinya yaitu 1) Pemetaan Mutu, 2) Pengembangan Program, 3) Pengembangan SDM PAUD-Dikmas, 4) Fasilitasi Pembelajaran, 5) Supervisi Satuan PAUD-Dikmas, 6) Sistem Informasi, 7) Melakukan Kemitraan/ Kerjasama dan 8) Urusan Administrasi.

Tujuan diadakannya kegiatan ini sebagai upaya menyiapkan Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang professional. Hal tersebut merupakan kunci utama dalam peningkatan kualitas peserta didik, terutama dalam penguatan karakter bangsa. Penyelenggaran pendidikan nonformal mendapat posisi yang sama dengan jalur pendidikan lainnya. Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) menyebutkan bahwa penyelenggaraan pendidikan nasional dilaksanakan melalui tiga jalur yaitu: jalur pendidikan formal, nonformal dan informal. Dalam Pasal 1 butir 12 Undang-undang Sisdiknas, dinyatakan bahwa Pendidikan Nonformal (PNF) diselenggarakan sebagai pengganti, penambah, dan/atau pelengkap bagi jalur pendidikan formal dalam rangka menunjang pendidikan sepanjang hayat dan pendidikan untuk semua.

Para Guru PAUD (dengan istilah lain) yang memiliki ijazah SMA sederajat perlu dibekali dengan strategi dan metode pembelajaran yang inovatif. Begitu pula para Tutor Pendidikan Kesetaraan Paket C yang sebagian besar berasal dari Guru persekolahan formal dibutuhkan pemahaman dalam strategi pengelolaan pembelajaran orang dewasa dengan memahami prinsip pembelajaran andragogi. Kebutuhan dalam pengelolaan pembelajaran pada masing-masing tingkat inilah sebagai dasar pelaksanaan kegiatan ini. Dengan catatan hasil kegiatan dapat diterapkan oleh para peserta kegiatan, selain itu dapat menularkan kepada Guru/ Tutor yang sejenis. PNF diharapkan dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Program PNF hadir untuk memenuhi kebutuhan pengetahuan dan/atau keterampilan tertentu yang diperlukan oleh peserta didik dalam jangka pendek guna meningkatkan taraf kehidupannya. PNF dapat juga dilaksanakan secara terstruktur dan berkelanjutan bagi peserta didik yang karena sesuatu hal tidak memperoleh kesempatan untuk mengikuti pendidikan melalui jalur formal (Adistana).

PROGRAM


GALERI FOTO

previous arrow
next arrow
ArrowArrow
Slider

STATISTIK PENGUNJUNG

  • 4
  • 3
  • 45
  • 20
  • 457
  • 1.563
  • 22.272
  • 35.872
  • 12.537
  • 4.777
  • 74
  • 14