Home » Berita » Pengembangan Model PAUD Dan Dikmas dalam Rangka Layanan Pengembangan Program/ Model BP PAUD Dan Dikmas Bali

KEPALA

Dra. Endah Warsiati, M.Pd

FACEBOOK

Pengembangan Model PAUD Dan Dikmas dalam Rangka Layanan Pengembangan Program/ Model BP PAUD Dan Dikmas Bali

Pengantar

BP PAUD Dan Dikmas Bali yang diatur dalam Permendikbud No 5 tahun 2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja BP-PAUD dan Dikmas bertugas dalam Pengembangan Model PAUD Dan Dikmas yang dilaksanakan oleh Pamong Belajar selaku pejabat fungsional. Masing-masing model memiliki ciri dan karakteristik yang berbeda. Model-model yang dikembangkan ini diharapkan mampu sebagai representasi atau pedoman dalam pengelolaan pembelajaran maupun peningkatan mutu pendidikan.

Pengembangan Model PAUD Dan Dikmas merupakan proses yang dilakukan oleh tim pengembang yang mengikuti kaidah penelitian terapan. Proses ini berupa rancangan tipe, desain, bentuk deskripsi dan sistem kegiatan yang diproses dengan kaidah-kaidah penelitian ilmiah. Model yang dihasilkan dapat digunakan sebagai representasi atau pedoman oleh kelompok sasaran maupun satuan pendidikan untuk memecahkan masalah bidang PAUD Dan Dikmas. Selain itu, model yang dikembangkan ini dapat dijadikan pedoman pengelolaan program layanan sebagai upaya peningkatan mutu satuan PAUD Dan Dikmas sesuai dengan tingkat kelayakan Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Model PAUD Dan Dikmas memiliki nilai tawar yang tinggi terutama dalam pengelolaan pembelajaran satuan PAUD Dan Dikmas. Metode dan strategi pembelajaran yang selama ini masih menerapkan metode dan strategi pembelajaran yang konvensional kini dirancang agar lebih inovatif, efektif, efisien dan praktis. Sehingga pengelolaan pembelajaran yang disajikan dapat meningkatkan minat calon sasaran dalam meningkatkan kompetensi maupun keterampilan sesuai dengan capaian butiran kurikulum satuan PAUD Dan Dikmas.

Satuan PAUD Dan Dikmas diharapkan mampu sebagai ujung tombak perkembangan pendidikan non formal. Hal itu dikarenakan antara satuan pendidikan formal dan satuan PAUD Dan Dikmas sejalan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Penyelenggaraan pendidikan pada satuan PAUD Dan Dikmas harus selalu memiliki inovasi dan kreasi mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.  Selain itu, mutu pendidikan satuan PAUD Dan Dikmas diharapkan mampu memenuhi kelayakan Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Dewasa ini, masyarakat umum menilai pendidikan non formal memiliki ketidakjelasan dalam sistem penyelenggaraan pendidikan, tidak profesional serta kurangnya lembaga-lembaga-lenmbaga penjamin mutu pada ranah ini. Penilaian masyarakat tersebut hendaknya dijadikan motivasi antara pemerintah dan satuan pendidikan dalam berbenah diri dari penilaian tersebut. Satuan pendidikan non formal diharapkan secara bertahap selalu berinovasi dalam meningkatakan mutu dan layanan pendidikan.

Dengan tuntutan yang dimiliki oleh satuan PAUD Dan Dikmas, salah satu tugas BP PAUD Dan Dikmas Bali memberikan representasi atau pedoman dalam pengelolaan pembelajaran masa kini maupun peningkatan mutu lembaga pendidikan satuan PAUD Dan Dikmas. Tahun anggaran 2017, BP PAUD Dan Dikmas mengembangkan enam model. Masing-masing model memiliki karakteristik yang berbeda. Sehingga dari keenam model tersebut diharapkan dapat diterapkan oleh satuan PAUD Dan Dikmas.

Judul Model

BP PAUD Dan Dikmas Bali pada tahun anggaran 2017 mengembangkan enam model. Model dikembangkan oleh tim pengembang yang sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Judul model adalah sebagai berikut:

No Program Judul Model Tim Pengembang
1 Pengembangan Program PAUD Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini Dengan Metode Bermain Peran (Role Playing) Menggunakan Media Televisi Maninan Kreatif Arma Fetria, S.Pd.

Ni Nyoman Suarni, S.Sos.

Drs. I Nyoman Diasa

2 Pengembangan Program Pendidikan Keluarga Pelibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Drs. I Nyoman Diasa

Ni Wayan Karyawati, SE.

Arma Fetria, S.Pd.

3 Pengembangan Program Pendidikan Keaksaraan Pembelajaran pendidikan Multikeaksaraan Berbasis Budaya Bali Drs. Mujiono

Ni Nyoman Sumarni, S.ST., M.Pd.

Dra. Lilik Sulistyowati

4 Pengembangan Program Pendidikan Kesetaraan Pembelajaran Kombinasi(Tatap Muka, Tutorial dan Mandiri) Dengan pendekatan Dalam Jaringan (Daring) Pada Pendidikan Kesetaraan Paket C Dra. Lilik Sulstyowati

Ni Wayan Sudarmi Aryadi, S.Sos.

Drs. Mujiono

5 Pengembangan Program Kursus dan Pelatihan (LKP-Manajemen Praktis) Manajemen Praktis Pengelolaan LKP Terakreditasi Guna Peningkatan Kualitas Layanan pembelajaran Dra. A.A. Putra Purnamawati

Dra. Ni Made Mudiani

Drs. Djito, M.Pd.

6 Pengembangan Program Kursus dan Pelatihan (LKP-SPA) Manajemen Lembaga Kursus Dan Pelatihan Berbasis Dunia Usaha Dan Dunia Industri Provinsi Bali Drs. Djito, M.Pd.

Dra. Nyoman Sumartini

Dra. A.A. Putra Purnamawati

PROGRAM


GALERI FOTO

previous arrow
next arrow
ArrowArrow
Slider

STATISTIK PENGUNJUNG

  • 4
  • 3
  • 45
  • 20
  • 457
  • 1.563
  • 22.272
  • 35.872
  • 12.537
  • 4.777
  • 74
  • 14