Home » Berita » Pengembangan Kemitraan Bimtek Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Pengelola PAUD Desa

KEPALA

Dra. Endah Warsiati, M.Pd

FACEBOOK

Pengembangan Kemitraan Bimtek Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Pengelola PAUD Desa

Untuk mewujudkan tumbuh kembang anak secara optimal baik rohani maupun jasmani, anak sudah selayaknya ditangani secara profesional mulai sejak dari dalam kandungan. Di dalam keluarga, tumbuh kembang anak merupakan tanggung jawab orang tua dan lingkungan terdekatnya dalam pendampingan dan pengasuhan secara positif tentang penanaman nilai-nilai karakter. Di satuan pendidikan khususnya di PAUD, tumbuh kembang anak merupakan tanggung jawab pendidik dan tenaga kependidikan. Untuk mendukung hal tersebut dibutuhkan peran orang tua secara optimal serta tenaga pendidikan yang profesional dan lembaga PAUD yang berkualitas sesuai dengan 8 SNP (Standar Nasional Pendidikan) PAUD.

Pengembangan Kemitraan Bimtek Peningkatan (PKK) (3)
Foto bersama para peserta Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Pengelola PAUD Desa.

Berdasarkan Hasil pemetaan mutu BP PAUD dan Dikmas Bali tahun 2019 masih banyak ditemukan pendidik dan tenaga kependidikan PAUD di desa belum memenuhi kualifikasi pendidikan yang berdampak pada kurang maksimalnya pengasuhan dan pendidikan terhadap anak didik serta sarana prasana pendukung pembelajaran baik di kelas maupun di luar ruangan masih kurang memadai.

Pengembangan Kemitraan Bimtek Peningkatan (PKK) (4)
Suasana pemaparan materi dalam Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Pengelola PAUD Desa.

Menjawab permasalahan yang terjadi, BP PAUD dan Dikmas Bali bekerja sama dengan Tim Penggerak (TP) PKK Kota Denpasar melaksanakan kegiatan Pengembangan Kemitraan Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Pengelola PAUD Desa di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Denpasar. Berlangsung selama tiga hari mulai dari 16 s.d. 18 Desember 2019 kegiatan ini dihadiri oleh Pendidik dan Pengelola PAUD di empat kecamatan di Kota Denpasar.

Kegiatan Pengembangan Kemitraan Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Pengelola PAUD Desa ini bertujuan untuk mensosialisasikan Kebijakan BP PAUD dan Dikmas Bali dan Kebijakan TP PKK Kota Denpasar serta meningkatkan pemahaman mengenai etika dan karakter pendidik PAUD, Pembelajaran Berbasis Konten STEAM dan LOOSE PART, metode Pengasuhan Positif, cara Mendidik Anak di Era Digital, dan Perencanaan Pembelajaran PAUD, serta Manajemen Pengelolaan PAUD.

Pengembangan Kemitraan Bimtek Peningkatan (PKK) (1)
Pengembangan Kemitraan Bimtek Peningkatan (PKK) (2)
Suasana pemaparan materi dalam Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Pengelola PAUD Desa.

Kegiatan ini di isi oleh Narasumber/Fasilitator yang berasal dari Tim Penggerak (TP) PKK Kota Denpasar dan BP PAUD dan Dikmas Bali. Ketua TP PKK Ny. I A. Selly D. Mantra hadir dan menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Pengelola PAUD Desa. Selain itu hadir pula Kepala BP PAUD dan Dikmas Bali Dra. Endah Warsiati, M.Pd yang turut menjadi narasumber dalam kegiatan Bimtek ini. Dalam paparannya, besar harapan beliau kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi para pendidik PAUD Desa sehingga dapat mendukung dan meningkatkan proses pembelajaran di dalam kelas.

PROGRAM



GALERI FOTO

previous arrow
next arrow
previous arrownext arrow
Slider

STATISTIK PENGUNJUNG

  • 0
  • 0
  • 31
  • 12
  • 287
  • 979
  • 23.140
  • 38.921
  • 13.638
  • 5.207
  • 81
  • 15