Home » Berita » Focus Group Discussion (FGD) Hasil Studi Pendahuluan

KEPALA

Dra. Endah Warsiati, M.Pd

FACEBOOK

Focus Group Discussion (FGD) Hasil Studi Pendahuluan

Laporan ketua panitia dalam pembukaan FGD Draft Naskah PAUD dan Dikmas

Berdasarkan Permendikbud No. 5 tahun 2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja BP PAUD dan Dikmas bahwa salah satu tugas BP PAUD dan Dikmas adalah Pengembangan Model yang dilaksanakan oleh Pamong Belajar. Pengembangan ini bertujuan memecahkan permasalahan masyarakat melalui program dan pembelajaran inovatif serta memberdayakan potensi lokal serta mendorong kemandirian dan krativitas masyarakat.

Pengembangan Model/Program yang dilaksanakan oleh BP-PAUD dan Dikmas Bali sebagai tahap awal adalah studi pendahuluan, dimana pada tahapan ini telah nampak kondisi di lapangan, gambaran model yang dikembangkan serta kemanfaatan dari produk model yang dikembangkan. Untuk itu perlu dilaksanakan sebuah forum diskusi untuk dapat menghimpun masukan/menyerap aspirasi dari berbagai pihak (masyarakat, pakar, praktisi dan akademisi) dalam upaya penyempurnaan kualitas model yang dikembangkan. Dari data lapangan yang dihasilkan dari 3 lokasi diolah, dianalisis dan dirumuskan sebagai bahan yang akan dikembangkan melalui media FGD hasil Studi Pendahuluan.

Kegiatan diskusi untuk model/program

Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka membedah dan menyempurnakan draft model/program PAUD dan Dikmas telah digelar oleh BP-PAUD dan Dikmas Bali pada tanggal 13 s.d 15 Juni 2017 bertempat di Hotel Nirmala, Jl. Mahendradatta No. 81, Padangsambian Denpasar Barat. Hadir dalam acara tersebut Pejabat Kementerian dari Direktorat terkait, Kepala BP-PAUD dan Dikmas Bali, Kasi Pengembangan dan SDM, Ka.Sub.Bag Umum, Para Pamong Belajar, para Akademisi/konsultan, pakar dan stakeholder yang memiliki hubungan langsung dengan model yang akan dikembangkan.

Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) draft model PAUD dan Dikmas ini dibuka secara resmi oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas Bali, Dra. Endah Warsiati, M.Pd. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan berkontribusi memberikan penilaian dan masukan yang konstruktif terhadap model yang dikembangkan. Hal tersebut dimaksudkan agar model yang dikembangkan memberikan kontribusi dalam perkembangan pembelajaran inovatif dan kreatif pada ranah pendidikan PAUD dan Dikmas. Penilaian dan masukan tersebut berkriteriakan “Adanya kesesuaian antara model dan perangkat model dengan permasalahan yang dihadapi oleh kelompok sasaran, Adanya kebaruan dan inovasi diantara model yang telah ada, Memiliki kelogisan struktur model, Mudah dipahami dan diterapkan, Berkualitas, Memiliki kelogisan prosedur pelaksanaan uji coba”.

6 Naskah pengembangan model yang dikembangkan BP PAUD dan Dikmas Bali Tahun 2017 adalah :

  1. Peningkatan Kepercayaan Diri Anak melalui Penerapan Metode Pembelajaran Bermain Peran dengan Bantuan TV Mainan;
  2. Strategi Pembelajaran Pendidikan Multikeaksaraan Berbasis Ekonomi Kreatif;
  3. Manajemen Praktis Lembaga Kursus dan Pelatihan Berbasis Dunia Usaha dan Dunia Industri Provinsi Bali;
  4. Pelibatan Orang Tua dalam Menumbuhkan Karakter Anak pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini;
  5. Strategi Pemenuhan Standar Pengelolaan Lembaga Kursus dan Pelatihan;
  6. Pembelajaran Campuran (Blended Learning) dengan memanfaatkan Whats App pada Pendidikan Kesetaraan Paket C Provinsi Bali.

PROGRAM


GALERI FOTO

previous arrow
next arrow
ArrowArrow
Slider

STATISTIK PENGUNJUNG

  • 4
  • 3
  • 45
  • 20
  • 457
  • 1.563
  • 22.272
  • 35.872
  • 12.537
  • 4.777
  • 74
  • 14