Home » Berita » Focus Group Discussion (FGD) Hasil Studi Pendahuluan Pengembangan Program BP PAUD dan Dikmas Bali

KEPALA

Dra. Endah Warsiati, M.Pd

FACEBOOK

Focus Group Discussion (FGD) Hasil Studi Pendahuluan Pengembangan Program BP PAUD dan Dikmas Bali

Ibu Kepala BP PAUD dan Dikmas Bali Dra. Endah Warsiati, Foto Bersama dengan Peserta FGD, Jumat (11/05) (Edy_Cardiel)

DENPASAR, BP PAUD Dan Dikmas Bali yang diatur dalam Permendikbud No 5 tahun 2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja BP-PAUD dan Dikmas bertugas diantaranya adalah Pengembangan Program PAUD Dan Dikmas yang dilaksanakan oleh Pamong Belajar selaku pejabat fungsional. Masing-masing model memiliki ciri dan karakteristik yang berbeda. Model-model yang dikembangkan ini diharapkan mampu sebagai pedoman dalam pengelolaan pembelajaran maupun peningkatan mutu pendidikan.

Program PAUD Dan Dikmas memiliki nilai tawar yang tinggi terutama dalam pengelolaan pembelajaran satuan PAUD Dan Dikmas. Metode dan strategi pembelajaran yang selama ini masih menerapkan metode dan strategi pembelajaran yang konvensional kini dirancang agar lebih inovatif, efektif, efisien dan praktis. Sehingga pengelolaan pembelajaran yang disajikan dapat meningkatkan minat calon sasaran dalam meningkatkan kompetensi maupun keterampilan sesuai dengan capaian butiran kurikulum satuan PAUD Dan Dikmas.

Focus Group Discussion (FGD) Hasil Studi Pendahuluan merupakan salah satu tahapan dari pelaksanaan Pengembangan Program PAUD dan Dikmas pada BP PAUD dan Dikmas Bali. Kegiatan tersebut diatur pula pada Peraturan Direktur Jenderal PAUD dan Dikmas, Kemdikbud No. 02 Tahun 2016. Disebutkan bahwa pasca melakukan Studi Pendahuluan dan Studi Literatur, Tim Pengembang Program melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Hasil Studi Pendahuluan. Focus Group Discussion (FGD) Hasil Studi Pendahuluan bertujuan untuk dapat menghimpun masukan/menyerap aspirasi dari berbagai pihak (masyarakat, pakar, praktisi dan akademisi) dalam upaya penyempurnaan kualitas model yang dikembangkan yaitu terkait Hasil Studi Pendahuluan yang dilaksanakan. Hasil studi tersebut kemudian diberikan penilaian dan masukan dari narasumber dan peserta. Penilaian dan masukan tersebut berkriteriakan; adanya kesesuaian antara hasil studi dan perangkat desain dengan permasalahan yang dihadapi oleh kelompok sasaran, adanya kebaruan dan inovasi diantara model yang telah ada, memiliki kelogisan struktur desain naskah, mudah dipahami dan diterapkan, berkualitas serta memiliki kelogisan prosedur pelaksanaan uji coba. Kegiatan ini diharapkan berkontribusi memberikan penilaian dan masukan yang konstruktif terhadap model yang akan dikembangkan. Hal tersebut dimaksudkan agar model yang akan dikembangkan memberikan kontribusi dalam perkembangan pembelajaran inovatif dan kreatif pada ranah pendidikan PAUD dan Dikmas.

Focus Group Discussion (FGD) Hasil Studi Pendahuluan dilaksanakan di BP PAUD dan Dikmas Bali, Jln. Ahmad Yani No. 192, Peguyangan, Denpasar. Kegiatan diagendakan selama empat hari dengan melibatkan para akademisi dari UPT yang ditunjuk dan sesuai dengan bidang pengembangan yaitu pada jadwal sebagai berikut;

No Pengembangan Program Narasumber Pelaksanaan Kegiatan
1 PAUD Pande Putu Sri Sugiani, DCM., M.Kes Rabu, 9 Mei 2018
2 Pendidikan Keluarga I G. A. Ratih Agustini, S.Kep., M.Kep Jumat, 11 Mei 2018
3 Pendidikan Keaksaraan Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd Kamis, 3 Mei 2018
4 Pendidikan Kesetaraan I Komang Darmayuda, S.Sn., M.Si Senin, 7 Mei 2018

Dengan terselenggaranya Focus Group Discussion (FGD) Hasil Studi Pendahuluan diharapkan Tim Pengembang (PB) BP PAUD dan Dikmas Bali dapat melaksanakan proses selanjutnya yaitu penyusunan seperangkat naskah pengembangan program/model yang akan di ujicobakan pada masyarakat sasaran sesuai dengan karakter sehingga dapat dimanfaatkan oleh semua yang berkepentingan. (Asti)

PROGRAM


GALERI FOTO

previous arrow
next arrow
ArrowArrow
Slider

STATISTIK PENGUNJUNG

  • 4
  • 3
  • 45
  • 20
  • 457
  • 1.563
  • 22.272
  • 35.872
  • 12.537
  • 4.777
  • 74
  • 14