Home » Berita Balai » Evaluasi Pelaksanaan Banpem Pendidik (Tutor) Bantu Tahun 2020

KEPALA

Dra. Endah Warsiati, M.Pd

FACEBOOK

Evaluasi Pelaksanaan Banpem Pendidik (Tutor) Bantu Tahun 2020

Evaluasi Pelaksanaan Banpem Pendidik/Tutor Bantu Tahun 2020, Rabu (16/12/2020).

BP PAUD dan Dikmas Provinsi Bali menyelenggarakan kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Banpem Pendidik/Tutor Bantu Tahun 2020, Rabu (16/12/2020). Kegiatan ini dibuka oleh Kasubbag BP PAUD dan Dikmas Provinsi Bali, yang pada kesempatan tersebut mewakili Kepala BP PAUD Dikmas Provinsi Bali, sekaligus beliau menyampaikan ucapan terima kasih dan motivasi terkait kinerja Tutor Bantu selama kurang lebih 10 bulan dalam kondisi minimnya pamong belajar pada SPNF SKB Kabupaten/Kota. Beliau mengharapkan pula terkait pertanggungjawaban berupa kelengkapan administrasi proses pelaksanaan Banpem Pendidik/Tutor Bantu SPNF SKB Kabupaten/Kota.

Selanjutnya Kegiatan diisi dengan pemaparan oleh Made Kusuma Wardani,
S.H., M.Pd.H., selaku penanggung jawab substansi terkait evaluasi pelaksanaan Banpem Pendidik/Tutor Bantu. Dalam kesempatan ini, beliau memaparkan beberapa hal, antara lain jumlah dan sebaran Pendidik/Tutor Bantu di SPNF SKB Kabupaten/Kota se-Provinsi Bali dan menjabarkan hasil analisis instrument yang didapat dari pelaksanaan monitoring dan evaluasi tim BP PAUD Dikmas Bali ke masing-masing SPNF SKB Kabupaten Kota, yang meliputi:
a) Pengelolaan SPNF SKB Kabupaten/Kota, terkait jumlah tutor bantu dan PTK, jumlah peserta didik, dan jumlah rombongan belajar pada SKB, serta kelengkapan daftar hadir pada proses pembelajaran
b) Administrasi Program Pembelajaran, terkait indikator dan dokumen sesuai standar nasional pendidikan
c) Penilaian Kinerja Tutor Bantu selama masa kontrak
d) Sarana dan prasarana pembelajaran yang disediakan, meliputi pemberian modul, APE untuk PAUD, panduan dan instrument evaluasi pembelajaran, dan langkah supervise pelaksanaan pembelajaran

Dari hasil analisis pengisian instrument monitoring dan evaluasi tutor bantu tersebut, dapat disimpulkan bahwa secara garis besar kinerja Tutor Bantu yang tersebar di seluruh SPNF SKB Kabupaten/Kota se-Provinsi Bali menunjukkan hasil yang baik. Pelaksanaan pembelajaran di tengah masa pandemi juga memotivasi para tutor terus berupaya menghadirkan pembelajaran yang inovatif bagi peserta didiknya.

Kemudian, untuk mengetahui tanggapan dari peserta kegiatan, dibuka sesi tanya jawab atau diskusi. Pada kesempatan ini, Drs. I Wayan Oka dari SPNF SKB Kabupaten Karangasem dan Ichsan, M.Pd dari SPNF SKB Kabupaten Tabanan mewakili seluruh Tutor Bantu, sama-sama mengapresiasi program Banpem Pendidik/Tutor Bantu ini sebagai sebuah solusi atas minimnya pendidik dan pamong yang dimiliki SPNF SKB di daerah. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi wadah introspeksi dan pemberian feedback atas kinerja para Tutor Bantu di periode tahun 2020. Besar harapan mereka untuk dapat mempertahankan program tutor bantu untuk satuan pendidikan nonformal di daerah. Beliau juga menambahkan harapan pada BP PAUD dan Dikmas Provinsi Bali agar dapat sekiranya merekomendasikan para tutor bantu sebagai PPPK atau pendidik/tenaga kontrak di instansi daerah/pemerintah atau diberikan apresiasi atas kinerjanya selama ini.

PROGRAM



GALERI FOTO

previous arrow
next arrow
previous arrownext arrow
Slider

STATISTIK PENGUNJUNG

  • 139
  • 7
  • 675
  • 95
  • 1.834
  • 7.662
  • 202.926
  • 245.609
  • 32.261
  • 13.965
  • 146
  • 19