Home » Berita » BP PAUD dan Dikmas Bali turut berpartisipasi dalam Peringatan Hari Aksara Internasional Tingkat Nasional di Makassar

KEPALA

Dra. Endah Warsiati, M.Pd

FACEBOOK

BP PAUD dan Dikmas Bali turut berpartisipasi dalam Peringatan Hari Aksara Internasional Tingkat Nasional di Makassar

BP PAUD dan Dikmas Bali turut berpartisipasi dalam kegiatan Hari Aksara Internasional (HAI) Tingkat Nasional ke-54 yang di gelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 5 hingga 8 September 2019. Puncak acara diselenggarakan pada 7 September 2019 di Lapangan Karebosi, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Peringatan ini selaras dengan United Nations Educational, Scientific Cultural Organization (UNESCO) yang menetapkan setiap 8 September sebagai Hari Aksara Internasional. Lembaga PBB tersebut tahun ini memperingati HAI dengan mengangkat tema Literacy and Multilingualism.

Hari Aksara Internasional (4)
Puncaknya peringatan Hari Aksara Internasional 2019 (07/09/2019) dibuka oleh ragam kesenian daerah.

Mengacu pada tema UNESCO tersebut, Kemendikbud memutuskan mengangkat tema nasional berupa “Ragam Budaya Lokal dan Literasi Masyarakat” pada peringatan HAI di Indonesia pada 2019. Direktur Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraaan Ditjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud Abdul Kahar mengatakan, lewat tema tersebut pihaknya berharap buta aksara di Indonesia bisa dituntaskan lewat pendekatan budaya masing-masing daerah.  “Harapan dengan mengangkat tema ini, yang pasti kita ingin mendorong bahwa memberantas buta aksara merupakan bagian dari literasi di masyarakat. Kita memiliki budaya dan bahasa yang begitu banyak di nusantara ini, sehingga semuanya itu bisa digunakan untuk mendukung literasi ini, untuk masyarakat di sekitar masing-masing,” ujarnya.

Lebih lanjut. Abdul Kahar menjelaskan peringatan HAI 2019 di Indonesia sangat spesial dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sebab saat ini Indonesia sedang menjadi negara percontohan pemberantasan buta huruf mengingat angka buta aksara berkurang secara signifikan dalam lima tahun terakhir. “Artinya begini, tahun ini memang satu momentum yang sangat strategis bagi Indonesia, kebetulan Indonesia diposisikan sebagai negara yang sukses memberantas buta aksara.

Hari Aksara Internasional (5)
Suasana dalam puncaknya peringatan Hari Aksara Internasional 2019 (07/09/2019).

Pada puncaknya peringatan Hari Aksara Internasional 2019 (07/09/2019) dibuka oleh ragam kesenian daerah, Laporan pelaksanaan HAI 2019 oleh Direktur Jenderal PAUD dan Dikmas (Ir. Harris Iskandar, Ph.D.), Sambutan Gubernur Sulawesi Selatan (Prof. Nurdin Abdullah), dilanjutkan Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Bunda PAUD Prov. Sulsel dengan Bunda PAUD Kab./Kota se Prov. Sulsel tentang Peran Keluarga dalam Penuntasan Buta Aksara disaksikan Gubernur Sulsel, kemudian penyerahan Penghargaan kepada Pegiat Keaksaraan dan Pegiat Perempuan, Warga Belajar Pendidikan Keaksaraan, Foto dan Video Literasi Masyarakat dan Keaksaraan, Publikasi Keaksaraan Media Cetak/Daring,  Menulis Praktik Baik Literasi Masyarakat, Peserta Didik Kursus dan Pelatihan,  Satuan PNF berprestasi, TBM Kreatif – Rekreatif, dan Mitra Peduli Program PAUD dan Dikmas oleh Gubernur Sulsel dan Dirjen PAUD dan Dikmas didampingi oleh Direktur Bindiktara serta Direktur Binsuslat dan terakhir Penyerahan Anugerah Aksara kepada Pemerintah Daerah, Tokoh Adat  KAT, dan Pemenang Lomba Peserta didik dan Lembaga Kursus Berprestasi oleh Mendikbud didampingi Gubernur Sulsel dan Dirjen PAUD dan Dikmas.

Hari Aksara Internasional (1)
Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.AP. dalam puncak peringatan Hari Aksara Internasional 2019 (07/09/2019).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.AP.) dalam sambutannya berpesan bahwa kita semua harus aktif dalam menuntaskan buta aksara di Indonesia, bahkan literasi sekarang telah berkembang lebih jauh, yaitu adanya literasi digital, literasi finansial, literasi kebudayaan dan berkewarganegaraan yang bertujuan agar warga belajar literasi tidak hanya belajar membaca dan berhitung, namun dapat memanfaatkan kemampuan literasinya untuk menyelesaikan persoalan-persoalan kehidupan sehari-hari, berbangsa dan bernegara. Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.AP dalam kesempatan tersebut turut mengucapkan terima kasih kepada Gubernur dan Masyarakat Sulawesi Selatan atas dukungannya selama ini dalam memberantas buta aksara.

Hari Aksara Internasional (6)
penyerahan Penghargaan kepada pengiat keaksaraan dalam berbagai kategori dalam peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) 2019.

Hari Aksara Internasional (3)

Suasana pameran dalam peringantan Hari Aksara Internasional (HAI) 2019.

Dalam peringatan HAI 2019, Kemendikbud juga mensosialisasikan kebijakan dan program percepatan penuntasan buta aksara di Indonesia melalui program Gerakan Literasi Nasional. BP PAUD dan Dikmas Bali sebagai salah satu satuan kerja yang turut berpartisipasi dalam HAI 2019 dengan menyajikan hasil karya dari BP PAUD dan Dikmas Bali yaitu produk naskah model pengembangan program PAUD dan Dikmas, selain itu bahan/hasil karya pembelajaran yang ikut dipamerkan yaitu berupa kerajinan endek dari PKBM Gunaraksa Sari Kabupaten Klungkung, minyak kelapa murni VCO hasil karya warga binaan PKBM Dharma Sedana Shanti Kabupaten Karangasem, dan bokoran fiber dari PKBM Melati Payangan Kabupaten Gianyar. Pameran HAI 2019 ini diisi dengan menampilkan program unggulan daerah, hasil produk daerah, dan panggung kreasi generasi berbakat utk ajang kreatifitas masyarakat/kelompok/lembaga (shanty).

PROGRAM



GALERI FOTO

previous arrow
next arrow
previous arrownext arrow
Slider

STATISTIK PENGUNJUNG

  • 5
  • 2
  • 2.415
  • 43.629
  • 67.203