Home » Berita Balai » Bimbingan Teknis Penguatan Kompetensi Pendidik PAUD, Pamong Belajar, Tutor Bantu dan Pendidik KB Tahun 2020

KEPALA

Dra. Endah Warsiati, M.Pd

FACEBOOK

Bimbingan Teknis Penguatan Kompetensi Pendidik PAUD, Pamong Belajar, Tutor Bantu dan Pendidik KB Tahun 2020

pauddikmasbali.kemdikbud.go.id

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Direktorat P3GTK) bekerja sama dengan BP PAUD dan Dikmas Provinsi Bali melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Penguatan Kompetensi Pendidik Lainnya. Bimbingan Teknis ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pendidik lainnya yaitu Pendidik PAUD, Pamong Belajar, dan Tutor  dalam implementasi merdeka belajar, penguatan pendidikan karakter, dan transformasi pendidikan di abad 21.

Foto bersama seluruh peserta Bimbingan Teknis Penguatan Kompetensi Pendidik Lainnya.

Kegiatan ini telah dilaksanakan di BP PAUD dan Dikmas Provinsi Bali secara Daring menggunakan media zoom meeting. Bimtek Penguatan Kompetensi Pendidik dibagi ke dalam empat kategori, Bimtek 1 dan 2 yaitu Bimtek Penguatan Kompetensi Pendidik PAUD dan Pendidik Pamong Belajar yang dilaksanakan mulai pada hari Senin s.d Jumat 16-20 Nopember 2020, dan Bimtek 3 dan 4 yaitu Bimtek Penguatan Kompetensi Pendidikan Tutor Kesetaraan dan Pendidik Kelompok Bermain (KB) yang dilaksanakan mulai pada hari Senin s.d Jumat 23-27 Nopember 2020.

Persyaratan peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah pendidik yang masih aktif sebagai pendidik PAUD, Pamong Belajar, Tutor Kesetaraan, dan Pendidik Kelompok Bermain (KB) . Peserta yang mengikuti kegiatan ini secara keseluruhan sebanyak 160 orang yang berasal dari seluruh pendidik Kabupaten Kota se Provinsi Bali.

Pemaparan Materi dari Dr Paiman, M.M., Direktorat Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (P3GTK) dengan materi Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Narasumber pada kegiatan ini adalah Narasumber dari Pusat yaitu Dr Paiman, M.M., Direktorat Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (P3GTK) dengan materi Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pemaparan Materi dari Dra. Endah Warsiati, M.Pd Kepala BP PAUD dan Dikmas Provinsi Bali dengan materi Kebijakan Program BP PAUD dan Dikmas Provinsi Bali

Narasumber Daerah adalah Dra. Endah Warsiati, M.Pd Kepala BP PAUD dan Dikmas Provinsi Bali dengan materi Kebijakan Daerah. Narasumber dari Pamong Belajar BP PAUD dan Dikmas Provinsi Bali di isi oleh Made Kusuma Wardani, SH.,M.Pd.H , Drs. Mujiono , Dra. Ni Made Mudiani, Ni Nyoman Suarni, S.Sos , Ni Wayan Sudarmi Aryadi, S.Sos. , Mustikawati Tyas Utami, S.IP

Pemaparan Materi Narasumber Pamong Belajar BP PAUD dan Dikmas Provinsi Bali

Pamong Belajar yang memberikan materi dalam Bimtek ini telah mengikuti Pelatihan Calon Pelatih (PCP) yang dilaksanakan pada 31 Oktober – 4 November 2020 oleh Direktorat P3GTK yang bertujuan membekali para pamong belajar dengan materi-materi yang akan di berikan kepada peserta.

Materi yang di berikan pada peserta dalam kegitan ini yaitu materi Transformasi Merdeka Belajar, materi Penguatan Kemampuan Refleksi Melalui Pendekatan PDIA, materi Keterampilan Abad 21 dan Pendidikan 4.0, materi Penguatan Pengembangan Program Pembelajaran Jarak Jauh melalui Teknologi Digital, materi Penguatan Pendidikan Karakter dan Profil Pancasila, dan Materi Penyusunan Action Plan.

Dalam Bimtek Penguatan Kompetensi Pendidik ini peserta diwajibkan mengikuti pre-test terlebih dahulu sebelum mengikuti pemaparan materi dihari pertama untuk mengukur pengetahuan awal dari peserta dan post-test secara Daring di akhir kegiatan setelah pemaparan materi selesai di hari kelima. Pada kesempatan ini  peserta dapat melakukan praktek menggunakan media pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara langsung dalam room meeting zoom.

Di akhir sesi dilakukan pembahasan materi yaitu Penyusunan Rencana Tindak Lanjut (Action Plan). Peserta diberikan tugas untuk membuat Rencana Tindak Lanjut Penguatan dengan mengidentifikasi suatu masalah dengan mengisi format yang diberikan oleh narasumber. Tindak lanjut dari kegiatan Bimtek ini yaitu peserta dapat mengimbaskan materi kepada 10 pendidik lainnya. Dengan diselenggarakannya kegiatan gabungan antara Direktorat P3GTK dengan BP PAUD dan Dikmas Provinsi Bali ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam upaya pencapaian Visi Presiden dan Mendikbud dalam dunia pendidikan di Indonesia.

PROGRAM



GALERI FOTO

previous arrow
next arrow
previous arrownext arrow
Slider

STATISTIK PENGUNJUNG

  • 383
  • 114
  • 649
  • 169
  • 2.666
  • 13.561
  • 166.645
  • 207.164
  • 29.452
  • 11.194
  • 134
  • 18