Home » Berita » Orientasi Teknis Supervisi Satuan PAUD dan Dikmas Tahun 2018

KEPALA

Dra. Endah Warsiati, M.Pd

FACEBOOK

Orientasi Teknis Supervisi Satuan PAUD dan Dikmas Tahun 2018

Ibu Kepala BP PAUD dan Dikmas Bali sedang memberikan pengarahan didampingi oleh Ibu Kasi PPSDM BP PAUD dan Dikmas Bali. (23/10) (Edy_Cardiel)

DENPASAR, Pelaksanaan Orientasi Teknis Supervisi Satuan PAUD dan Dikmas Tahun 2018 telah dilaksanakan pada 23 s.d 25 Oktober 2018 bertempat di Hotel Nirmala, Jl. Mahendradatta No.81, Padangsambian, Kota Denpasar, Bali. Kegiatan tersebut melibatkan 65 orang peserta yang tersebar di wilayah Provinsi Bali. Peserta kegiatan berasal dari unsur Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota, SPNF SKB Kabupaten/ Kota, Penilik dan Fasilitator POKJA PAUD dan PNF yang ada di masing-masing Kabupaten/Kota. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengenalan, teknis pelaksanaan dan strategi pemenuhan administrasi pertanguh jawaban pelaksanaan supervisi kepada para peserta. Hal itu dikarenakan para peserta yang akan melaksanakan kegiatan tersebut pada daerahnya masing-masing kepada satuan PAUD dan Dikmas.

Kepala BP PAUD dan Dikmas Bali dalam sambutannya menyampaikan bahwa, “Supervisi Satuan PAUD dan Dikmas merupakan pembinaan berupa tuntunan menuju perbaikan situasi pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan sebagai upaya pemberian pembinaan untuk setiap satuan PAUD dan Dikmas di wilayah Provinsi Bali agar mencapai 8 Standar Nasional Pendidikan. Kegiatan ini termasuk dalam bentuk supervisi lembaga yang menyangkut objek pengamatan sehingga supervisor fokus pada aspek-aspek yang ada dalam ketercapaian indikator SNP pada satuan PAUD dan Dikmas pada masing-masing kabupaten/ kota, “ujarnya.

Ditambahkan bahwa “langkah awal telah dilaksanakan kegiatan pemetaan mutu. Kegiatan tersebut tidak  bermaksud untuk melakukan penilaian, melainkan untuk mengetahui tingkat ketercapaian satuan PAUD Dan Dikmas  menurut Standar Nasional Pendidikan (SNP). Pemetaan dilakukan untuk memberikan pengklasifikasian terhadap mutu satuan pendidikan sasaran. Ketercapaian tersebut diukur sesuai dengan indikator-indikator SNP yang dirumuskan oleh BAN PAUD Dan PNF meliputi delapan standar. Hasil pemetaan mutu tersebut dijadikan dasar dalam pelaksanaan supervisi, “terangnya.

Disampaikan pula, “pola pelaksanaan supervisi tahun ini sepenuhnya akan dilaksanakan oleh Tim yang ada pada masing-masing Kabupaten/ Kota termasuk pengelolaan dananya. Dengan catatan bahwa tim pelaksana supervisi di Kabupaten/ Kota sepenuhnya akan melaksanakan Supervisi sesuai dengan permasalahan ataupun kelemahan pada satuan-satuan, sehingga dapat memperbaiki kelemahan-kelemahan akhirnya satuan dapat mendaftarkan ke Sispena dan mengelola bantuan tersebut sesuai dengan Juknis dan Juklak yang telah disusun oleh BP PAUD dan Dikmas Bali, “jelasnya. (Adistana)

PROGRAM


GALERI FOTO

previous arrow
next arrow
ArrowArrow
Slider

STATISTIK PENGUNJUNG

  • 4
  • 3
  • 45
  • 20
  • 457
  • 1.563
  • 22.272
  • 35.872
  • 12.537
  • 4.777
  • 74
  • 14